Friday, January 26, 2018

Remaja sejuta rasa

No comments :
Tanggal Diskusi       : 26 Januari 2018
Tema Diskusi         : Remaja sejuta rasa
Narasumber : Diah Ningrum, M.Ed
Moderator : Siwi
NOtulensi : Silvi

momod Ola
Selamat siang bapak ibu sekalian...
Insya allah kita akan mulai diskusi jam 19.30 wib.
Sore hari akan di posting materi pengantarnya.
Silahkan manfaatkan group unt bertegur sapa sampai jam 17.00 wib

MATERI DISKUSI

 Assalammualaikum Wr. Wb.

Tulisan ini berangkt dari pengalaman pribadi saya sebagai seorang ibu, konsultan pendidikan dan seorang praktisi Talents Mapping.

Sering kali, saya mendapat pertanyaan, apa bakat anak saya terlebih lagi jika dia remaja yang bisa kita kategorikan usia ketika anak sekolah SMP dan SMA. Orang tua seringkali mengatakan tidak tau bakat anaknya atau bahkan sang anak beranggapan bahwa dia tidak berbakat.

Dulu dan bahkan sekarang, kita beranggapan bahwa bakat itu contohnya adalah menyanyi, menari, menggambar sport dan lain-lain. Tetapi sebenarnya, bakat itu bukan hanya contoh2 yg sudah saya sebutkan diatas.

Menurut Talents Mapping (TM) Bakat, terbagi dua yaitu bakat yg berhubungan dgn panca indra n fisik spt menari, menyanyi, sport dll juga ada bakat yg berhubungan dgn peran yaitu karakter, spt: Teaching, researching, communicating dll.

Jadi bakat bisa diartikan karakter yg produktif, yg merupakan potensi kekuatan. Nah..bagaimana menemukan bakat remaja kita? Pernahkah mengatakan sptnya anak sy tdk berbakat atau bakatnya blm kelihatan? Apabila kita mengacu pada pengertian bakat diatas, maka ckp jelas bahwa setiap anak itu berbakat sesuat dgn karakter produktifnya masing2. Yg patut kita lakukan sbg orang tua adalah membersamai, mengamati n membantu anak untuk menemukan n mengembangkan bakatnya. Satu kata kunci dlm melakukan tugas ini adalah jangan " tergesa2" krn bakat punya kecenderungan permanen setelah anak usia 16 tahun. Artinya ktk anak kita remaja mestinya  mrk sdh menemukan bakatnya.

Dan menurut sy, sgt penting remaja menemukan bakat n mengembangkannya krn untuk memudahkan nanti dlm pemilihan jurusan ktk SMA, pemilhan jurusan kuliah dan profesi kelak nanti. Alangkah menyenangkan apabila masuk jurusan sesuai bakatnya n bekerja sesuai dgn kekuatannya.

Walaupun kadang2 dibagian ini terdapat konflik biasanya antara keinginan orang tua atau mengikuti bakat/ potensi kekuatan anak.

Sehingga tidaklah mengherankan hasil study oleh seorang psikolog pendidikan yang diambil dari oke zone.com 2014, bahwa 87 % mahasiswa indonesia salah memilih jurusan. Keinginan ortu, tidak tahu kekuatan, ikut teman adalah diantara penyebab salah memilih jurusan tsb.

Jadi, mulai saatnya kita menjadi ortu yg kekinian yg memahami kekuatan anak n menerima jika kekuatan tsb berbeda dgn keinginan dlm hal pemilihan jurusan n profesi.

Ada 6 ciri-ciri bakat  yg bisa ortu amati dlm setiap aktifitas remajanya:

1. Yearning
Memiliki hasrat tertinggi utk melaksanakan aktifitas tsb shg remaja kita lupa waktu.

2. Rapid Learning
Perhatikan, apakah bagi remaja kita cepat n mudah belajar sesuatu yg mana buat remaja yg lain mgkin sulit.

3. Flow
Remaja menjalani aktifitas ini mengalir alami.

4. Glimpses of Excelent
Remaja kita menunjukan keunggulan dlm bidang tsb.

5. Satisfaction
Perhatikan apakah remaja kita merasa puas pd aktifitas yg dilakukan.

6. The Universe Support
Ketika remaja kita sdg dlm situasi kritis dalam melakukan aktifitas tsb, maka dia akan menemukan langkah solusi keluar dr permasalahan tsb n yakin dgn tujuan hidupnya.

Apabila remaja kita melakukan aktifitas bakat, maka akan terlihat 4 E; enjoy, easy, excellent dan earn.

Terima kasih

By. Diah Ningrum

SESI DISKUSI


momod SIwi
Malam... Assalamualaikum semua. Perkenalkan saya Siwi dari Jogja. InsyaAllah yang nanti malam akan menemani bu Diah berbagi disini.
Kata orang tak kenal maka tak sayang... Agar jadi kenal saya bawakan sesuatu dulu ya

BIODATA NARSUM

Nama : Diah Ningrum, M.Ed
Pendidikan : S2 Educational Psychology International Islamic University Malaysia (IIUM)
Professional Credential:
Education Consultant ( Founder n Director Improve Education Consulting www.improve-educationconsulting.com)
Brainspotting Practitioner
Talents Mapping Practitioner

momod Siwi
Bu Diah ada yang ingin disampaikan ga sebagai pembuka

Bu Diah
Assalammualaikum ibu2..smg apa yg sy sampaikan bermanfaat n smg membuka wawasan kita ttg yg namanya bakat n bgm kita sbg ortu memainkan peran yg mendukung bakat anak. Kita jdkan diskusi, krn sy yakin sharing yg sy dptkan disini, insya Allah juga bermanfaat utk sy.

momod Siwi
Terima kasih bu Diah. InsyaAllah
Okey. Untuk saat ini yang mau nanya silahkan angkat tangan ya... Sebutkan nama dan domisili.
Mohon nanti memberi tanggapan ketika saya sdh mempersilahkan.

momod Siwi
Siapa yang ingin bertanya?

pertanyaan 1

Rice Merina- Depok

Saya mau bertanya bu,bagaimana cara mengenal bakat anak,dan sebaiknya umur brp bakat anak bisa kita lihat.
Sebelumnya terima kasih.

Rice merina bu,domisili depok ratu jaya.
Anak pertama saya baru berumur 5 tahun 8 bulan.gpp ya bu saya ikutan di grup ini ????

Bu Diah
Untuk mengenal bakat anak dibawah umur 16 tahun melalui observasi ibu, ada panduan yg diberikab n disusun oleh pak Dodik n bu Septi. Sedangkan apabila sdh berumur 15/16 thn, bisa menggunakan tool Talents Mapping yg penemunya adalah Abah Rama Royani. Nanti akan share e book tsb.

Tanggapan 
Panduan dari pak dodik dan bu septi bisa didapat dimana bu diah?

Pertanyaan 2

Alia- Tangerang

Assalamualaikum.. Salam kenal,,
Anak sy pr berusia 16th. Anak sy tsb terlihat enjoy easy excellent pernah juara se kecamatan.. Hobby nya menulis cerita petualangan. Pertanyaan apakah hrs mengikuti bakat ketika kuliah nanti?

bu Diah
Bakat itu bkn hanya satu ya ibu, jd di TM, ada 7 bakat yg sgt dominan n 7 lg dominan. Artinya ada 14 potensi kekuatan yg bisa memberikan opsi aktifitas yg sesuai dgn bakatnya ananda.
Menurut sy, jk mmg kelihatan 4 E pd ananda alangkah baiknya ditekuni n dijadikan profesinya, walaupun dia juga msh punya kesempatan utk mengeksplorasi bakat2nya yg lain.

Tanggapan 
Utk menjadi penulis yg baik. Kuliahnya ngambil jurusan apa yg bun?

Bu Diah
Tergantung ibu apakah condong kpd jurnalistik atau sastra indonesia. Mgkin yg lain ada yg bisa menambahkan.

Pertanyaan 3

Tika- Bandung
1. Bagaimana cara mengamati bakat jika keadaannya si remaja tinggal di pondok pesantren sehingga hanya bisa bertemu orang tua setiap sebulan sekali, atau tinggal bersama orang tua setiap enam bulan sekali?
2. Bagaimana cara menghadapi remaja yg lebih senang mendengarkan pendapat temannya daripada orang tuanya? Misal, orang tua paham remaja akan cocok di bidang A, tp karena teman2nya memilih B maka dia ikut memilih B dan tidak mengindahkan saran orang tua untuk memilih A.
3. Apa yang harus dilakukan oleh seorang kakak yang menengahi orang tua dan adik remaja, ketika adik remaja sudah memahami bakatnya namun orang tua tidak menyetujui jalan yang diambil adik remaja?

Bu Diah
1. Jk ananda sdh berusia 15/16 thn bisa ikut tes Talents Mapping ibu. Sebenarnya..salah satu indikasi anak kita punya bakat tertentu walaupun kita jarang ketemu adalah dr seberapa sering ananda bercerita aktifitas tsb kpd ortu n apa yg dirasakannya ktk melakukan aktifitas yg sesuai bakatnya. Tentunya dgn komunikasi bertanya apa sj kegiatannya.

2. Mmg usia remaja, teman biasanya adalah segala2nya. Mrk lbh dengerin tmnya drpd ortu, itu pertanda remaja kita normal..??. Komunikasi yg baik yg diperlukan disini bunda. Seringkali kita menyampaikan pandangan yg kesannya menurut remaja spt perintah. Tanyakan n dengarkan apa yg ingin dia pilih. Kmdian berikan pandangan berbentuk informasi2 n contoh2. Bkn cth utk membandingkan ttp utk menginspirasi n memotivasi.

3. Si kakak menyampaikan pendapatnya kpd ortu dgn cara yg baik ttg bakat adiknya. Seringkali info ngjin berupa buku ttg bakat atau tulisan2 olwh orla bs diberikan kpd ortu.

Tanggapan
Terima kasih atas jawabannya Bu Diah..
Saya izin menanggapi yah ?
Sangat membantu untuk poin 1 dan 2.
Saya lupa menambahkan untuk poin ketiga.. Orang tua posisinya sama2 paham bakat adik. Tapi ttp memaksakan kehendak krn bakat adik ini dinilai "tidak potensial".
Bagaimana ya Bu cara memposisikan diri ketika masih ada standard penilaian "bagus atau tidak" nya suatu bakat?

Bu Diah
Sudah saatnya kita berupaya utk membuka pandangan dgn mindset yang baru. Sy sering sekali menemukan cth2 spt ini bunda. Sy menyarankan utk mengkomunikasikan dgn ortu n beri cth kasus apa yg terjd apabila adik ttp dipaksa sesuai keinginan ortu. Tdk potential menurut ortu mgkin lbh krn dipengaruhi oleh perasaan keenganan utk menerima kenyataan ttg bakat adik.

Tanggapan 
Terima kasih bu Diah atas jawabannya

Bu Diah
Seringkali ortu punya standar sendiri bagus tdknya bakat krn dilandasi bisa menghasilkan tdk dgn bakat tsb. Prinsip bakat 4 E, earn artinya menghasilkan bs didptkan dgn bakat.


Pertanyaan 4

Yani- Depok

Saya ibu dari 6 anak,yang ingin saya tanyakan kami selaku ortu kadang bingung bagaimana cara terbaik untuk mendukung anak yang mempunyai bakat?dan bagaimana kalau anaknya sendiri yang seperti nya kurang terlalu semangat mengembangkan bakatnya?

Bu Diah
Bu Yani..kdg2 kita sbg ortu cenderung tergesa2 menanggapi seolah2 itu bakat anak kita. Cth, anak sy suka sekali main musik, kn sdh punya bbrp alat musik di rmh. Sy pikir itu bakat anak sy jd sy terus memotivasi n heran klo dia tdk main musik (drum). Stlh sy tanya itu bkn bakat melainkan hobi saja. Jk bakat 4 E, mk hobi dikuadran 3 E; easy, excellent n earn sj. Shg kdg kita lihat ada suatu masa dia tdk semangat dgn aktifitas tsb. Terus sj ananda diperkenalkan dgn berbagai macam aktifitas bs dgn magang, jalan2, field trip dll.

Pertanyaan 5

Vinka- Bogor

Saya memiliki  4 anak. Yang mau sy tanyakan. Anak sy sulung, waktu memilih jurusan kuliah, dia ingin ambil jurusan seni. Namun tidak sy ijinkan. Akhirnya dia ambil jurusan IT. Sy kadang merasa bersalah memaksakan kehendak. Namun ketika sy tanya apakah dia suka jurusan yg dia geluti sekarang, dia menjawab "biasa saja". Tapi kalau sy lihat, dia masih senang menggambar dan menulis cerpen. Bahkan sudah terbit buku. Dan instagramnya penuh dengan lukisan karyanya. Apa yg harus saya lakukan dengan keadaan ini?

Bu Diah
Bu Vinka..jk sy bisa ekstrim menyarankan, ganti jurusan. Sy mengenal bbrp org yg pindah jurusan n excell dibidang yg sesuai dgn bakatnya. Ibu bs mulai bicara dr hati ke hati n meminta maaf. Tanyakan apakah dia ingin ttp melanjutkan atau bgm. Kasus yg sy tangani, anak setuju utk ttp terus tp sesudah tamat kuliah banting stir ke bakatnya.

Tanggapan
Bedanya hobi dgn bakat itu apa bun

Bu Diah
Bakat ada 4 E nya bun; enjoy, easy, excellent n earn. Jk hobi 3 E easy, excellent n earn. Earn utk hobi bkn dr aktifitas hobinya, cth org yg hobi masak, mendapatkan uang bkn dr masak ttp dr jualan masakan. Sedangkan bakat, cth teaching bisa mendapatkan penghasilan dr aktifitas mengajarnya tsb.

Pertanyaan 6

Indah- Depok

anak saya 2, usia 7.5thn dan 3.5th.
Pertanyaan saya. Berhubung anak saya di bawah 16 thn jd kesukaannya berubah² dapat kah kita arahkan kesukaan nya bu?maksudnya kita ksh ide bakat nya?Ato haruskah alami bakat nya itu

Bu Diah
Salah satu ciri bakat adalah flow..artinya anak berkegiatan scr alami. Amati sj ibu n perkenalkan dgn bnyk aktifitas. Ibu bs melihat apakat termasuk bakat dgn mengamati ciri2nya n 4 E tsb.

Tanggapan
Awal nya dr suka menggambar bu tp tdk sebagus anak yg les  lalu skrg dia hobi membaca dan membuat komik.  Apakah itu bakat ya bu

Bu Diah
Perhatikan ciri2nya bunda yg sdh sy sampaikan pd materi sblmnya n 4 E, insya Allah bisa dikategorikan apakah termasuk bakat atau tdk. Panduan nanti akan sy berikan melalui e book.

Pertanyaan 7

Anak pertama saya laki" usia 13 th 3 bulan..
Kelas 8..
Anak saya termasuk anak pendiam..
Susah diajak komunikasi..
Dr kecil klo sudah suka dg 1 main sudah fokus dg main itu...
Gimana cara supaya diya mau terbuka dg saya ato papa tentang keinginan nya...

Bu Diah
Lbh bnyk mengamati n mendengarkan ya bunda, spy kita sbg ortu dpt membantu ananda menemukan n mengembangkan bakatnya.

Pengingat diri sy juga, anak titipan Allah shg sdh saatnya kita sbg ortu utk membuka diri n punya mindset yg baru akan pentingnya aktifitas, jurusan n pekerjaan yg sesuai dgn bakat kekuatan mrk.

Lbh bnyk mengamati n mendengarkan ya bunda, spy kita sbg ortu dpt membantu ananda menemukan n mengembangkan bakatnya. 

No comments :

Post a Comment